Kedu Selatan

12 Desa Sasaran Program Irigasi Kecil


Danar Widiyanto | Sabtu, 5 Oktober 2013 | 06:21 WIB | Dibaca: 479 | Komentar: 0

Kebutuhan air bagi petani diharapkan tercukupi dari irigasi yang dibangun melalui P4-ISDA-IK. (Foto: Sukmawan)

KEBUMEN (KRjogja.com) - Sebanyak 12 desa di Kabupaten Kebumen menerima dana Rp 178 juta perdesa dari Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK).

Program pemerintah pusat (Kementerian Pekerjaan Umum) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak itu, dilaksanakan secara swakelola. "Dananya langsung masuk rekening kelompok penerima manfaat," jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air Pertambangan dan Energi Kabupaten Kebumen, Ir Suhartomo MT, Jumat (4/10/2013) sore.

Desa sasaran terbanyak di Kecamatan Karangsambung, ada 6 desa yakni Widoro, Kalisana, Tlepok, Pujotirto, Karangsambung, dan Seling. Disusul Kecamatan Karanggayam 3 desa yakni Wonotirto, Karanggayam, dan Binangun. Selain itu 2 desa di Kecamatan Sadang yakni Pucangan dan Seboro. Satu lagi Desa Somagede Kecamatan Sempor.

Dalam pelaksanaan program yang berkaitan dengan ketahanan pangan nasional itu, dua desa didampingi seorang tenaga pendamping masyarakat (TPM). Ada pula konsultan manajemen, serta tim pelaksana balai. (Suk)